Membuka Pori-Pori Wajah dengan Uap Air Panas Ternyata Bahaya, Ini Faktanya!

DI dunia kecantikan, para kaum Hawa pasti sudah familiar dengan mitos-mitos yang telah lama beredar. Mengingat sudah lama beredar dan biasanya menyebar dari mulut ke mulut, biasanya mitos-mitos tersebut dianggap benar adanya.

Padahal, tidak semua mitos-mitos seputar kecantikan yang selama ini familiar di kalangan kaum wanita berarti benar adanya loh! Seperti yang dijelaskan oleh penasihat kecantikan dari Priceline, Alison yang menjelaskan beberapa mitos terkenal di dunia kecantikan yang ternyata keliru. Mulai dari soal make-up hingga cara mengaplikasikan parfum.

BERITA TERKAIT +

Penasaran kan apa saja mitos-mitos kecantikan yang keliru tersebut? Melansir Dailymail, Selasa (9/10/2018) berikut uraian empat mitos di bawah ini.

 Baca Juga: Pamer Perut Buncit Dibalut Gaun Nude, Raisa Bikin Netizen Jatuh Hati

Air panas untuk membuka pori-pori kulit wajah

Menguapkan wajah dengan air panas untuk tujuan membuka pori-pori kulit, adalah salah satu mitos yang keliru. Disebutkan keliru, sebab pada kenyataannya praktik ini justru dapat menyebabkan lebih banyak bahaya daripada manfaat loh.

Dikatakan Alison, pori-pori wajah itu tidak seperti pintu yang bisa buka dan tutup dengan cara yang mudah. Malah yang ada pori-pori kulit wajah itu bersifat sensitif terhadap suhu dan air panas bisa membuat kulit membengkak. Cara terbaik untuk ‘membuka’ pori-pori adalah membersihkan kulit dengan menghilangkan minyak di permukaan, kotoran dan pulasan riasan wajah yang bertumpuk pada lapisan atas wajah.

 

Pulasan make-up menimbulkan jerawat 

Dikenal sebagai salah satu cara terbaik untuk menutupi ketidaksempurnaan kulit wajah, tapi di sisi lain pulasan make-up juga dikenal punya reputasi sebagai salah satu faktor pemicu timbulnya jerawat. Dijelaskan Alison, pada dasarnya tidak ada penelitian yang menunjukkan bahwa riasan menyebabkan jerawat, yang menyebabkan timbulnya jerawat adalah ketika pulasan produk make-up ini tidak dihapus dengan benar atau konsisten nah pada saat itulah kulit akan bermasalah.

Menggosokkan pergelangan tangan saat disemprot parfum

Menggosok pergelangan tangan saat menyemprotkan parfum, seolah telah menjadi kebiasaan yang lumrah dengan tujuan agar aroma wnagi parfum bisa lebih menyebar rata. Tapi tahukah Anda, alih-alih tambah wangi yang ada cara ini tidaklah efektif.

Cara terbaik ialah menyemprotkan wewangian favorit ke titik-titik nadi untuk memaksimalkan baunya. Menggosok parfum yang disemprot ke pergelangan tangan, yang ada malah dapat  mempercepat penguapan. Selain menyemprotkan ke titik nadi, cara lainnya adalah mengaplikasikan ke rambut sebagai aroma yang menempel pada serat.

 Baca Juga: Beredar Foto yang Diambil pada Tahun 1940, Ada Sosok yang Bikin Geger Jagad Maya!

Memangkas rambut secara rutin memicu pertumbuhan rambut lebih cepat

Mitos satu ini disebutkan jadi mitos yang salah, karena pada dasarnya kita tidak mengubah ukuran folikel rambut. Dikatakan Alison, memangkas rambut tidak mempengaruhi pertumbuhan rambut sebab pertumbuhan rambut terjadi di kulit kepala. Bagian yang lebih tebal dari folikel rambut adalah yang pertama muncul dari kulit yang dicukur, tetapi ini akan berkurang ke ujung yang lebih tipis dari waktu ke waktu karena rambut terus tumbuh. Hal yang menentukan cepat atau tidaknya pertumbuhan rambut, ialah kesehatan folikel rambut. Maka dari itu, tubuh diketahui membutuhkan nutrisi agar bisa tumbuh helai rambut yang kuat dan sehat.

(dno)