3.284 Polisi Siap Kawal Pendukung Amien Rais saat Diperiksa terkait Kasus Ratna Sarumpaet

JAKARTA – Sebanyak 3.284 anggota kepolisian telah disiapkan untuk mengawal aksi yang akan diselenggarakan oleh Persaudaraan Alumni 212 saat pemeriksaan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais sebagai saksi terkait kasus hoaks Ratna Sarumpaet.

“Ada 3.284 personel,” ucap Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (10/10/2018).

BERITA TERKAIT +

(Baca juga: Kawal Amien Rais, Persaudaraan 212: Kasus Ratna Sarumpaet Sudah Selesai!)

Amien Rais. (Foto: Dede Kurniawan/Okezone)

Ia menegaskan, pihak yang diperolehkan masuk hanya Amien Rais dan kuasa hukumnya. Sedangkan massa aksi yang berkisar 500 orang hanya diperkenankan mengawal hingga depan Mapolda Metro Jaya, tepatnya di Jalan Sudirman.

Polisi juga sudah menyiapkan skema pengalihan dan rekayasa lalu lintas di depan sekitaran Mapolda Metro Jaya apabila sewaktu-waktu dibutuhkan untuk mengantisipasi kemacetan yang disebabkan massa aksi tersebut.

“(Pengalihan arus lalu lintas ) situasional di lapangan,” jelas mantan kepala bidang humas Polda Jawa Timur itu.

(Baca juga: PAN: Polda Akan Menyesal Telah Memanggil Amien Rais)

Ratna Sarumpaet. (Foto: Harits Tryan Akhmad/Okezone)

Sebagaimana diketahui, pemeriksaan Amien Rais sebagai saksi kasus hoaks Ratna Sarumpaet akan berlangsung hari ini sekira pukul 10.00 WIB. Sedianya ia diinterogasi pada Jumat 5 Oktober, namun tidak hadir.

Pemeriksaan Amien Rais dikawal massa dari Persaudaraan Alumni 212. Mereka akan berkumpul di Masjid Al Munawaroh, Pancoran, Jakarta Selatan, untuk doa dan Salat Duha bersama sebelum berangkat mengawal mantan ketua MPR RI tersebut.

(han)