Guardiola Akui Kurang Suka dengan Gaya Permainan Tika-Tika

MANCHESTER – Pelatih Manchester City, Josep Guardiola, mengaku bahwa sebenarnya ia kurang menyukai dengan gaya permainan tiki-taka. Menurutnya, gaya permainan tersebut merupakan sebuah taktik yang sangat tidak menyenangkan.

Pernyataan Guardiola tentu sangat mengejutkan. Pasalnya, sewaktu Guardiola masih menangani Barcelona, taktik tiki-taka adalah sebuah gaya permainan yang menjadi dasar tim yang bermarkas di Camp Nou tersebut. Bahkan, dengan memainkan strategi itu Barcelona menjelma menjadi salah satu tim yang paling sulit untuk dikalahkan pada jamannya.

BERITA TERKAIT +

Baca Juga: Alasan Fernandinho Jadi Pemain Andalan Guardiola di Man City

Akan tetapi, kenyataannya justru Guardiola kurang menyukai taktik tiki-taka tersebut. Meski bisa dibilang pelatih berpaspor Spanyol itu adalah orang yang menyempurnakan tiki-taka, namun ternyata hal tersebut tak membuatnya menyukai tiki-taka.

“Tiki-taka adalah sebuah konsep (permainan) yang saya sukai. Mungkin kelihatannya (taktik tiki-taka) sangat menyenangkan, namun kenyataannya tidak seperti itu. Rahasiannya adalah menekan lawan untuk membuat mereka bergerak sesuai dengan apa yang kami inginkan,” terang Guardiola, seperti dilansir dari Calcio Mercato, Senin (15/10/2018).

Terlepas apakah Guardiola menyukai taktik tiki-taka atau tidak, kenyataannya tetap tak berubah bahwa strategi tersebut telah membuat pelatih berusia 47 tahun berjaya di Barcelona beberapa musim yang lalu. Bahkan, dengan taktik tersebut Guardiola bisa membuat Barcelona merebut treble winners pada musim 2008-2009.

(RNR)