Belasan Murid dan Guru SDIT Depok Keracunan Air Sumur, Diduga Terkontaminasi Bakeri E-Coli

DEPOK – Belasan murid dan guru Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Pondok Duta, Depok, Jawa Barat langsung dilarikan ke rumah sakit terdekat lantaran keracunan air sumur. Sebelum keracunan para korban sempat menggunakan air sumur untuk wudu dan Mandi Cuci Kakus (MCK).

Ketua Yayasan Perguruan Islam Pondok Duta Usman Rizal mengatakan sebanyak 15 murid dan dua guru tersebut diduga terkontaminasi bakeri Escherichia coli (E-coli). Namun pihaknya belum dapat memastikan karena masih menunggu hasil investigasi Dinas Kesehatan Depok.

BERITA TERKAIT +

(Baca Juga: Keracunan Tutut Massal di Sukabumi, Polisi Amankan Dua Orang) 

“Kami mendapat laporan di hari Rabu, mereka itu habis menggunakan air sumur kemudian mengeluh pusing, mual dan diare sampai akhirnya di bawa ke rumah sakit terdekat,” kata Usman di SDIT, Depok, Kamis (18/10/2018).

Belasan Murid dan Guru DIT Pondok Duta, Depok, Keracunan Air Sumur (foto: Wahyu M/Okezone) Belasan Murid dan Guru DIT Pondok Duta, Depok, Keracunan Air Sumur (foto: Wahyu M/Okezone) 

Dia menjelaskan, air sumur yang dipergunakan oleh murid dan guru memang diketahui sudah menimbulkan aroma tak sedap atau berbau tinja. “Bau tinja sudah tercium kuat dari jarak 10 sentimeter saat hendak mengambil wudu untuk berkumur. Tapi airnya enggak kotor, warnanya seperti air biasa saja. Itu air dari sumur yang kita gunakan sejak 1991, setelah dapat laporan langsung kita setop alirannya,” paparnya.

(Baca Juga: Minuman Coklat Sachet Instan Bikin Satu Keluarga di Tangerang Keracunan) 

Agar korban tidak bertambah, Usman mengungkapkan, pihak sekolah sudah memutus aliran air dari sumur tersebut dan membersihkan enam toren. Kini murid dan guru SDIT menggunakan sumur baru yang pengerjaan rampung tahun 2017 lalu dengan kedalaman sekira 50-60 meter.

“Sekarang kami menggunakan air dari sumur yang yang satunya tapi dengan kedalaman 50 meter lebih. Semua toren juga sudah dibersihkan semoga enggak ada korban lagi,” pungkasnya.

(fid)