Dua Atlet BMX Masih Cedera, PB ISSI Batal Ikuti Kejuaraan di Jepang

JawaPos.com – Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI) membatalkan keikutsertaannya pada kejuaraan BMX Internasional di Osaka, Jepang, Minggu (25/11) mendatang. Keputusan ini diambil karena dua atlet BMX Indonesia masih mengalami cedera.

I Gusti Bagus Saputra dan Rio Akbar masih diharuskan beristirahat. Mereka belum pulih dari cedera yang dialaminya saat tampil di Thailand beberapa waktu lalu.

Kondisi terakhir, Rio masih mengalami pembengkakan di bagian tulang rusuk sebelah kiri. Sedangkan Bagus mengalami masalah di bagian hamstring sebelah kanan.

“Kami sudah cancel untuk perlombaan di sana. Karena melihat kondisi anak-anak juga yang memang belum siap setelah mengalami cedera dari Thailand,” kata Pelatih PB ISSI, Dadang Haris Purnomo, Minggu (18/11).

Sebetulnnya kejuaraan tersebut merupakan persiapan menuju Olimpiade 2020. Jika dipaksakan, PB ISSI hanya menurunkan atlet pelapis.

Namun melihat kondisi tidak memungkinkan, pelatih lebih memilih membatalkan kemberangkatan. Mereka lebih mengejar poin melalui kejuaraan lainnya dengan menurunkan atlet utama.

“Percuma kalau kami kirim tapi tidak lengkap. Tujuan kami ke olimpik poin. Lebih baik kami siapkan untuk ke depannya saja, jika hanya orang lapis dua tiga,” paparnya.

Sebagaimana diketahui, setelah Asian Games 2018 para atlet berbagai cabang olahraga kembali melakukan pelatnas. Ini untuk mempersiapkan diri menuju Olimpiade Tokyo 2020 mendatang.

(isa/JPC)